Gunung Anak Krakatau Meletus, Muntahkan Abu Setinggi 2 KM

JAKARTA : Gunung Anak Krakatau kembali meletus dengan tinggi kolom abu yang teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak, Jumat (4/1) pukul 14.21 WIB.


Letusan Gunung Anak Krakatau. ©2018 Youtube/photovolcanica

Peringatan yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang dibagikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat, kolom abu mengarah ke utara dan timur laut.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal. Letusan terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 14 milimeter dan durasi kurang lebih tiga menit tujuh detik.

Suara dentuman letusan juga terdengar di Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau PVMBG.

Status Gunung Anak Krakatau tetap Siaga atau Level III, dengan rekomendasi masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam lingkar lima kiloeter dari kawah.

Sutopo menyebut Gunung Anak Krakatau meletus beberapa kali. “Telah terjadi erupsi G Anak Krakatau pada 4/1/2019 pukul 09.39 WIB. Tinggi kolom abu teramati 1.500 m di atas puncak. Kolom abu putih hingga kelabu,” kata Sutopo melalui akun Twitter.

Gunung Anak Krakatau dari kejauhan kembali meletus pukul 12.03 WIB, dengan tinggi letusan sekitar 1.600 meter.

Bahkan, sepanjang Kamis, Gunung Anak Krakatau telah meletus 37 kali. Pola letusannya hampis sama, yaitu melontarkan lava pijar, abu vulkanik dan pasir. – Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *